-->

Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu

Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu

Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu

Kenapa Harus Belajar Nahwu?

Pernahkah sobat berfikir kenapa ada beberapa kata yang sama dalam Al Qur'an tetapi memiliki harkat (baris) yang berbeda-beda?. Terkadang berbaris dhammah, fathah, atau kasrah meskipun itu kata yang sama.

Misalkan saja lafaz Allah, dalam basmallah berhakat kasrah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


Dalam ayat Kursi lafaz Allah berharkat dhammah:

أللهُ لَاإِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ...

Sedangkan di ayat lain lafaz Allah berharkat fathah:

إن اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْنَ.... البقرة: 153

Nah! kalimat di atas berbeda tidak hanya dibuat-buat melainkan ada kaidah yang mengatur tentang perubahan harkat dari kata-kata tersebut. Dan yang perlu digarisbawahi, kesalahan dalam memeberi harakat bisa mengubah pelaku menjadi korban dan sebaliknya.

Perhatikan contoh kalimat berikut:

قَتَلَ زيدٌ مُدَرِّسًا (Zaid telah membunuh guru)

Akan tetapi, apabila harkatnya tertukar maka pelaku dan objeknya juga akan bertukar.

Misalnya:

قَتَلَ مُدَرِّسٌ زَيْدًا (Guru telah membunuh Zaid)

Mempelajari undang-undang seputar pemberian harkat sangatlah penting. Undang-undang ini dibahas dalam ilmu nahwu. Karena memang ilmu nahwu adalah salah satu cabang dari ilmu Bahasa Arab yang membahas tentang bagaimana menyusun kalimat yang sesuai dengan undang-undang Bahasa Arab, baik yang berkaitan dengan letak kata dalam suatu kalimat atau kondisi kata (harakat akhir dan bentuk) dalam suatu kalimat.

Mempelajari Bahasa Arab bagi seorang muslim sudah merupakan suatu keharusan. Bagaimana kita tahu isi kandungan Al-Qur'an apabila kita tidak memahami bahasanya? Bagaimana bisa kita menyelami lautan hikmah dalam hadist-hadist Rasulullah bila Bahasa Arab Saja kita tidak mengerti?

Umar Bin Khattab RA berkata:

تَعَلَّمُوْا اْلعَرَبِيَّةَ فَإِنَّهَا مِنْ دِيْنِكُمْ (Pelajarilah Bahasa Arab, karena Bahasa Arab adalah bagian dari agama kalian).

Untuk itu, marilah sama-sama kita berdoa kepada Allah SWT agar kita dimudahkan dalam mempelajari Bahasa Arab. Karena dengannya kita dapat memahami ajaran-ajaran islam dengan baik.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu. Semoga dengan membaca poin-poin di atas, kita akan lebih bersemangat dalam belajar. Aamiin.
loading...

0 Response to "Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel